Headlines

Dampak Pembebasan Lahan Bandara, Aset Pemkab Pindah, Nama Tetap

Investor Bandara Siapkan Gedung di Lokasi Baru

KABUPATEN, JP Radar Kediri– Beberapa aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri yang terdampak pembangunan bandara bakal dipindah. Lokasinya telah ditentukan. Yaitu di Dusun Pojok, Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan. Lokasi pemindahan itu telah rata. Rencananya, tahun ini pembangunan gedung baru itu bakal dimulai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kediri Sukadi mengatakan, sejumlah aset daerah ada yang terkena dampak pembebasan lahan. Baik sarana pendidikan maupun fasilitas umum warga.

“Untuk aset pemkab yang terdampak sudah ditentukan lokasi penggantinya. Di Dusun Pojok, Desa Bulusari,” ujar Sukadi.

Beberapa aset milik pemkab tersebut adalah gedung SMPN 3 Grogol, gedung SDN Bulusari, dan gedung UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Kediri. Untuk gedung SD dan SMP, kata Sukadi, merupakan aset atau di bawah pengelolaan dinas pendidikan. Sementara SKB dikelola oleh badan kepegawaian daerah (BKD).

“Fasilitas jalan sudah dibuat. Untuk lokasinya juga sudah diratakan,” jelasnya.

Sukadi menyatakan saat ini pembangunan tiga fasilitas tersebut masuk ke tahap izin bangunan. Yang mengajukan adalah pihak PT Gudang Garam yang diurus langsung oleh PT Surya Dhaha Investama (SDhI). “Sudah diproses dan sudah dirapatkan oleh tim teknis dan disetujui,” jelasnya.

Rencana pembangunan, Sukadi menegaskan, tahun ini akan dilaksanakan. Sementara pihak mana yang akan membangun menunggu keputusan PT Gudang Garam. Pihak investor tersebut yang akan menunjuk siapakah yang menjadi kontraktor pembangunannya.

Dari pantauan di lokasi, calon lokasi pemindahan aset daerah ini sudah siap. Telah ada akses jalan kembar di kawasan tersebut. Lengkap dengan sistem drainase. Termasuk pemadatan area juga telah rampung.

“Nanti mereka (PT SDhI, Red) akan membangunkan gedung sekolah dan SKB dengan model disesuaikan kebutuhan kondisi saat ini. Bangunan yang lama akan dibongkar setelah bangunan pengganti sudah jadi,” urainya.

Dia menegaskan bahwa penamaan sekolah akan tetap dengan nama lama. Meskipun lokasinya berpindah kecamatan, untuk nama instansi yang dipindah tetap sama. Hal itu karena proses perizinan sudah melekat sejak lama dan bakal sulit jika mengganti nama sekolah.

Untuk diketahui, semua aset yang menjadi milik daerah harus dilakukan tukar guling. Terlebih lokasi SMPN 3 Grogol saat ini merupakan lokasi penting karena sebagai salah satu titik landasan pacu bandara. (din/fud)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close