Berita UtamaKriminal & Hukum

Salip Kiri, Salip Kanan, Brak!!

Keteledoran Berkendara Jadi Penyebab Laka Maut Tepus

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Kekuranghati-hatian pengendara masih menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bahkan, keteledoran itu seringkali berujung pada munculnya korban tewas. Seperti yang terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di Dusun Tepus, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem kemarin pagi (22/10).

Kecelakaan yang menewaskan Rizaldi, warga Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri itu diawali dengan sikap berkendara korban yang kurang hati-hati. Sebelum bertabrakan dengan truk, korban lebih dulu melakukan aksi mendahului kendaraan dengan cara zigzag. Menyalip dari sisi kiri, kemudian ganti mendahului dari sisi kanan.

Ironisnya, saat berusaha mendahului kendaraan untuk yang kedua kalinya itulah dia kurang waspada. Perhitungannya kurang pas sehingga bersenggolan dengan kendaraan lain.

“Pas mencoba menyalip dari arah kanan itu pengendara sepeda motor bersenggolan dengan kendaraan yang disalip,” kata Kanit Laka Lantas Polres Kediri Ipda Aris Wigiarto, saat menerangkan kronologis kecelakaan tersebut.

Saat insiden, korban dalam perjalanan dari arah Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) ke arah kota. Setibanya di depan Masjid Baiturrahman pemuda berusia 20 tahun itu berusaha mendahului satu mobil. Korban yang mengendarai Yamaha RX AG 3648 AD itu melakukan aksinya itu dari sisi kiri.

Berhasil mendahului kendaraan dari kiri, korban masih melajukan motornya dengan kecepatan tinggi. Dia kemudian berusaha melewati lagi mobil yang ada di depannya. Hanya, karena sisi kiri tak memungkinkan dia berusaha menyalip dari sebelah kanan.

Nahas, Rizaldi kurang pas perhitungan dalam menyalip. Motornya menyenggol mobil yang hendak dia salip itu. Tak pelak, dia langsung hilang kontrol. Arah motornya bergerak lebih ke kanan. Padahal dalam waktu yang bersamaan datang truk bernopol AG 8563 VH dari arah berlawanan.

Motor korban pun langsung mengarah ke bemper kanan truk yang dikemudikan Andrianto, warga Desa Gondanglegi, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk itu. Setelah membentur bemper, motor kemudian terguling ke aspal. Ironisnya, pengendaranya jatuh tepat di depan truk. Tubuh korban sempat terlindas roda sebelum masuk ke kolong truk.

Seketika korban langsung tewas di lokasi kejadian. Karena kaki korban terlindas oleh ban truk bagian depan sebelah kanan. Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung melaporkan kejadian ke polsek terdekat.

Polisi dan petugas medis yang datang kemudian melarikan korban ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan visum luar. Dan dari hasil pemeriksaan, korban mengalami patah kaki kanan. Bagian belakang kepalanya juga mengalami pembengkakan. Meskipun saat itu pengendara menggunakan helm.

Saat ini kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan di Subsektor Ngasem. Sedangkan untuk pengendara dump truk diamankan di Lakalantas Polres Kediri untuk pemeriksaan lebih lanjut. (luk/fud)

Laka Maut di Tepus

  • Rizaldi yang mengendarai motor Yamaha RX 100 melaju dari arah SLG menuju Kota Kediri
  • Di dekat Masjid Baiturrahman, di Jalan Soekarno-Hatta, Tepus, Rizaldi berusaha mendahului mobil. Namun dia bersenggolan dan motornya mengarah ke kanan.
  • Motor menabrak truk yang datang dari arah berlawanan. Kemudian terjatuh dan terlindas roda depan.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close