Komunikasi PemerintahanNganjukStay at Home

Intensifkan Razia Jelang Long Weekend

Exit Tol Begadung dan Wilangan Jadi Pantauan Khusus

NGANJUK, JP Radar Nganjuk–Jelang libur panjang alias long weekend pekan depan, Polres Nganjuk menggiatkan razia lalu lintas. Razia tersebut sekaligus jadi sarana polisi untuk memberi sosialisasi agar masyarakat menghabiskan liburan di rumah.

Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Marita Dyah Anggraini mengung­kapkan, mulai Senin (26/10) nanti Polres Nganjuk akan menggelar operasi Zebra Semeru. “Operasi ini sekaligus tindakan pre-emptif juga karena masih pandemi Covid. Untuk menekan angka penyeba­rannya,” ujar perwira dengan pangkat tiga balok di pundak itu.

Dalam razia nanti, jelas Marita, polisi akan menghentikan semua kendaraan roda dua dan roda em­pat. Selanjutnya, mereka diingatkan tentang kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga sekarang.

Bagaimana jika ada pengendara yang kedapatan melanggar? Marita menegaskan, pihaknya akan tetap menindak mereka yang tidak membawa surat atau kelengkapan berkendara lainnya. “Tidak pakai helm, motornya tidak lengkap spektek, atau truk melebihi muatan akan ditilang,” lanjutnya.

Selain menggelar razia secara terpusat di satu titik, menurut Marita satlantas juga akan melakukan hunting system atau patroli di sekitar. Hal tersebut menurutnya juga dilakukan untuk mencegah angka kecelakaan. Terutama di jalur nasional Surabaya-Solo yang termasuk jalur black spot laka lantas.

Sementara itu, jelang long weekend petugas juga melakukan pemetaan daerah rawan macet. Sebab, libur mulai Kamis (29/10) hingga Minggu (01/11) memung­kinkan arus lalu lintas akan naik signifikan. Marita menyebut, daerah di sekitar exit tol Begadung, Mengkreng, hingga Wilangan akan jadi perhatian khusus polisi. “Dengan adanya tol seper­tinya tidak akan macet parah. Namun untuk jaga-jaga jika terjadi nanti akan berimbas ke Kertosono yang paling dekat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selama dua minggu terakhir Polres Nganjuk juga sudah melakukan operasi yustisi masker dan pelanggaran pengguna jalan. Kemarin operasi tersebut digelar di stadion Anjuk Ladang.

Dalam razia selama sekitar satu jam itu masih didapati pengendara yang melakukan pelanggaran. Tujuh STNK diamankan karena pengen­dara tidak memiliki SIM. Kemudian, satu kendaraan dibawa karena tidak membawa surat-surat lengkap. Satpol PP Nganjuk juga mencatat ada dua orang yang masih belum menggunakan masker saat berkendara.(syi/ut)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close