Berita Utama

Cuaca Fluktuatif, Perlu Waspada Angin Kencang

Bisa Jadi Ekstrem karena Madden Julian Oscillation

KABUPATEN, JP Radar Kediri– Dalam satu pekan ke depan, warga Kabupaten Kediri perlu waspada. Sebab, hingga akhir bulan ini diperkirakan cuaca ekstrem bakal terjadi. Dari perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), selama tiga hari mulai 22 hingga 24 November, cuaca di kabupaten fluktuatif.

Seperti kemarin, seluruh wilayah Kabupaten Kediri dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga deras. Namun untuk besok (24/11) diperkirakan tak ada hujan.

Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengimbau, agar tetap waspada. Sebab, beberapa peristiwa hujan deras disertai petir dan angin kencang sesaat bisa saja timbul. “Potensi angin kencang tetap ada, harus tetap selalu waspada dengan cuaca seperti ini,” pesan Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi.

Dari pantauan koran ini, sejumlah kecamatan di Kabupaten Kediri kemarin terjadi hujan lebat. Bahkan angin yang bertiup di timur kabupaten juga cukup kencang.

Slamet menyebut bahwa sejauh ini BMKG telah melakukan analisis. Dari analisis BMKG itu menunjukkan kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan, yakni pada 21-27 November. Hal itu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. Termasuk di Jawa Timur.

Kondisi ini diperkuat aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan. “Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” terang Slamet mengutip dari rilis BMKG 22 November kemarin.

Untuk itu, sekali lagi ia menegaskan pada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti terjadinya angin puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, dan bencana hidrometeorologi lain seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (din/ndr)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close