Berita UtamaHeadlinesKediri

Jaga Sumber, Pemkot Gerakkan Masyarakat

KOTA, JP Radar Kediri– Tingginya permintaan penggunaan lahan dikhawatirkan dapat mengancam ketersediaan air di masa mendatang. Oleh karena itu, pemkot berupaya untuk menjaga seluruh sumber air yang ada di Kota Kediri.

Ada dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditunjuk langsung oleh pemkot untuk menjalankan hal tersebut. Pertama adalah dinas lingkungan hidup, kebersihan, dan pertamanan (DLHKP). Kedua yakni dinas ketahanan pangan dan pertaninan (DKPP).

“Kita perlu memperhatikan ekosistem yang ada agar tetap dapat lestari,” ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Lebih lanjut, Abu memerintahkan tim dari DLHKP untuk melakukan penanaman pohon kembali di area sumber mata air yang ada di Kota Tahu. Yakni untuk mengantisipasi adanya kemungkinan pohon yang tumbang atau rusak.

Tak hanya menjaga vegetasi saja, Abu juga menilai bahwa sumber-sumber tersebut akan lebih bagus jika diisi oleh berbagai jenis ikan. Untuk itu, pihaknya memerintahkan DKPP untuk kembali menyiapkan bibit ikan tersebut. Sehingga dapat disebar di sumber tersebut.

“Kami berniat untuk lebih berkelanjutan dan jangka panjang,” sambung pria yang hobi bersepeda tersebut. Sebelumnya, pemkot telah menebar benih ikan sebanyak dua ribu ekor lebih. Benih ikan tersebut disebar di dua lokasi sumber mata air. Yaitu Sumber Jiput dan Sumber Bulus.

Selain dua dinas tersebut, elemen masyarakat juga diharapkan mampu berperan aktif dalam melestarikan dan menjaga seluruh sumber air tersebut. Sehingga potensi ketersediaan mata air yang ada di Kota Kediri dapat tetap terjaga.

Bahkan, sumber air tersebut kini juga dapat berfungsi sebagai tempat wisata dan rekreasi juga. Oleh karena itu, kelestarian sumber-sumber tersebut sehingga tetap dapat menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. (tar/dea)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close